Profil

Ma’had Imam Bonjol Al-Islamy (MIBA) Majalengka merupakan lembaga pendidikan Islam swasta yang dirintis oleh Yayasan Pendidikan Imam Bonjol (YPIB) Majalengka bersama tim yang dipimpin oleh Ustadz Fatkhurrokhman, Lc. sejak 1 November 2019.

MIBA berdomisili di jalan Pasukan Sindangkasih Blok Andir, RT. 02, RW. 01, Desa Kawunghilir, Kecamatan Cigasong, Majalengka, Jawa Barat, di atas areal tanah seluas lebih kurang 2 ha.

Tujuan pendirian MIBA Majalengka adalah untuk membentuk sebuah sistem pendidikan berbasis pesantren yang dapat memberikan pengajaran dan pendidikan bagi generasi Thalibul ‘ilmi yang bermanhaj salaf dalam segala aspek akidah, ibadah, akhlak, muamalah, serta dakwah, sekaligus menjadi lembaga yang insya Allah bisa menjadi salah satu pusat kegiatan dakwah Islam di Indonesia, di Majalengka, khususnya.

Tahap pertama pembangunan terdiri atas sebuah masjid, satu lokal kantor, empat lokal kelas/asrama, satu aula beserta sarana dan prasarananya.

MIBA Majalengka mengawali program kegiatannya di tahun pelajaran 2020/2021 dengan menyelenggarakan Program Madrasah Diniyah Imam Bonjol (MD IB) dan Madrasah Tahfizhul Qur’an Imam Bonjol (MTQ IB) putra.

Program Madrasah Diniyah Imam Bonjol (MD IB) menerapkan sistem pendidikan berkelanjutan selama 6 tahun dengan jenjang sederajat SMP (Paket B) dan SMA (Paket C) bagi santri lulusan SD/MI/sederajat.

Sedangkan Madrasah Tahfizhul Qur’an (MTQ IB) merupakan madrasah khusus bagi santri lulusan SMP/Sederajat yang ingin memfokuskan diri mendalami ilmu-ilmu Al-Qur’an dan pengambilan sanad. Masa pendidikan pada program ini ditempuh selama 2 tahun dengan menambah 1 tahun untuk mendapatkan ijazah formal Paket C bagi yang berkeinginan dan belum memiliki ijazah SMA/sederajat.